Terbaru

Mistik Kita hadir untuk Anda. Dengan harapan memberi keajaiban dan inspirasi dalam kehidupan Anda.

More

Saturday, September 5, 2015

Kacamata Mata Dunia - (Masih dalam Angan)


A. Pendahuluan
a. Latar Belakang
Mengenali seseorang adalah suatu keharusan bila ingin bersosialisasi dengan baik. Mana kala kita dapat bersosialisasi dengan baik dengan seseorang, tentu banyak sekali koneksi dan kemduahan yang bias kita dapatkan. Mengingat pentingnya berosisalisasi, kita tentu harus mengetahui karakter seseorang atau yang paling sederhana mengetahui nama dan profilnya. Namun, bagaimana jika kita tidak dapat mengenali atau menghafal seseorang?
Yup, saya mengalami kejadian seperti itu. Keterbatasan penglihatan saya membuat saya hanya mengenali seseorang dari suara. Apa bila saya jarang mendengarnya, saya akan sulit mengenal seseorang. Padahal, seseorang akan merasa lebih dihargai jika orang lain mengenalnya dan selalu menyapanya.
Terjadi dilematika dalam hidup saya, entah bagaimna ayang harus saya lakukan untuk mengatasi itu semua. Namun, saya memiliki beberapa ide dan yang akan berusaha saya pecahkan.
b. Tujuan
Tujuan utama dalam pembuatan karya ini adalah untuk mempermudah saya dalam bersosialisasi, berkomunikasi, dan berpindah tempat dari satu tempat ke tempat lain dan menutupi kekurangan saya ini.
Selain itu, saya juga ingin menjadikan karya ini sebagi alat canggih yang berfungsi sama layaknya computer.
Membantu kawan-kawan yang memiliki kendala sama atau lebih parah dari saya.
B. Isi
a. Penemu Lensa Kacamata
Lensa kacamata ditemukan oleh Benjamin Franklin yang notabene merupakan seorang ilmuwan, penemu, pengarang dan diplomat, ia juga adalah presiden AS kala itu. Beliau lahir di Boston, Massachusetts, AS, tahun 1706 tepatnya pada tanggal 17 Januari. Beliau sukses menemukan lensa kacamata bifokus yang di sematkan lensa cekung dan cembung, penciptaan alat ini terjadi pada tahun 1784.

Pada dasarnya kacamata telat tercipta sejak 3000 tahun silam, Niniwe merupakan sebuah kota kuno yang masyarkatnya telah menggunakan kacamata yang terbuat dari Kristal pertama kalinya. Bangsa Yunani kuno juga sudah menciptakan kaca pembesar (lup) berbentuk bola berbahan kaca yang terisi air. Mana kala abad  ke-12, kacamata mulai dimanfaatkan oleh masyarakat Cina dan Eropa. Ketika tahun 1268 M, Roger Bacon, sosok ilmuwan asal Inggris, yang mengemukakan pendapatnya bahwa lensa telah dibutuhkan sebagai piranti optik, namun tak semua orang menganggap Roger sebagai pencetus kelahiran kacamata.

Akhirnya, kacamata mulai di produksi pada sekitar abad 13, yang berpusat di Venesia, bersama kualitas lensa yang masih minim serta masih amat merepotkan ketika kita hendak memakainya. Sejak saat itu, banyak sekali percobaan yang bertujuan untuk mempermudah dalam pemakaian kacamata, mereka mencetuskan ide-idenya dan akhirnya terdapat sebuah ide yang menyatakan keinginannya untuk membuat tangkai agar kacamata dapat di kaitkan pada telinga.
Perkembangan kacamata selanjutnya terjadi pada tahun 1784 yang di lakukan oleh Benjamin Franklin. Beliau sudah sukses menciptakan lensa biofokus. Kaca tersebut mempunyai lensa cembung dan lensa cekung yang di sematkan pada satu bingkai. Mana kala tahun 1884, Benjamin menggunakan lensa berbentuk potongan-potongan yang telah direkatkan. Tahun 1908 dan 1910, akhrnya lensa lensa cekung dan cembung telah dapat disatukan pada satu lensa, penemuan tersebut berkat eksperimen yang terus menerus oleh Benjamin.

Seiring perkembangan jaman, bentuk dan bingkai kacamata terus embaglai perubahan yang cukup pesat, mengingat perlunya seseorang yang memiliki masalah penglihatan untuk membantu dalam kehidupan sehari-hari.

Diadopsi http://www.penemu.co/2014/03/penemu-lensa-kacamata-benjamin-franklin.html 
b. Tokoh Inspiratif.
Charles Babbage merupakan sosok matematikawan asal Inggris yang pertama kali mencetuskan gagasan mengenai komputer yang dapat diprogram sesuka hati kita. Ketika tahun 1991, menggunakan rancangan asli Babbage, sebuah mesin diferensial dikembangkan dan akhirnya alat tersebut bias bekerja sempurna, hal tersebut meyakinkan atas gagasan Babbage bahwa alat tersebut memang bisa diimplementasikan.

Babbage lahir di sebuah kota besar, yang dinamakan Inggris, tepatnya di jalan Crosby Row no 44, Walworth Road, London. Dikalangan masyarakat, beredar beberapa pendapat mengenai tanggal kelahirannya.. Obituari yang dimuat dalam harian The Times menyatakan bahwa kelahirannya pada tanggal 26 Desember 1792. Akan tetapi, setelah beberapa hari kemudian, keponakan Babbage menuliskan bahwa Babage telah lahir setahun lebih awal, yaitu 1791.

Pada zaman tersebut, teknik perhitungan menggunakan table matematika dirasa kurang efektif, mengingat banyaknya kesalahan-kesalahan yang terjadi. Padahal perhitungan-perhitungan yang dilakukan amatlah penting.  Oleh karena itu, Babbage berkeinginan untuk mengembangkan teknik perhitungan secara mekanik, sehingga lebih efisien dan akurasi tinggi, dan pada khirnya bias meminimalisasi kekeliruan-kekeliruan dalam proses hitung-menghitung  yang sering dikerjsakan oleh manusia. Kala  itu, Babbage memperoleh ide dari perkembangan alat hitung yang buat Blaise Pascal, Gottfried Leibniz, dan Wilhelm Schickard. Ide pertama mengenai mesin Babbage ditorehkan pada surat yang ditulisnya kepada Masyarakat Astronomi Kerajaan yang diberi "Note on the application of machinery to the computation of astronomical and mathematical tables" ("catatan mengenai penerapan mesin bagi penghitungan tabel astronomis dan matematis") tertanggal 14 Juni 1822.

Diadopsi dari: https://id.wikipedia.org/wiki/Charles_Babbage 

Dari hal-hal yang dilakukan Charles Babbage, telah banyak menginspirasi saya untuk berkelana dibidang IT dan mengembangkannya menjadi peralatan yang lebih membantu bagi umat manusia. Walapun yang diciptakannya masih terbilang sederhana, namun tindakannya telah membawa perubahan besar bagi dunia teknologi. 
c. Kacamata Mata Dunia
Charles Babbage dan Benjamin Franklin telah menginspirasi saya untuk menciptakan sebuah teknologi baru yang akan memudahkan dalam kegiatan manusia. Ada beberapa hal yang harus di mengerti, bahwa segala sesuatu yang kita lakukan pasti akan bermanfaat bagi orang lain.
Fitur:
1. Teknologi ini menggunakan piranti layaknya komputer zaman sekarang, agar menghasilkan pengolahan-pengolahan data mirip dengan komputer  pada umumnya, namun dirancang dalam bentukk yang lebih kecil dan tidak memakan tempat. Oleh karenanya, untuk pembuatan alat ini, harus melibatkan produsen-produsen computer yang cukup besar yang telah mampu membuat komputer super mini.
2. Kecanggihan alat ini terletak pada lensa yang amat tajam, sehingga dapat merekam kejadian yang amat kecil sekalipun. Selain menggunakan lensa, kita juga menggunakan sinar gamma yang telah dimodifikasi agar tidak merusak sesuatu.
3. Mampu mendeteksi dan mengenali wajah seseorang dan memasukkannya ke dalam pengolahan data. Dengan alat ini, kita akan hafal nama dan profil seseorang dengan hanya memandangnya saja. Setelah wajah dikenali, server akan mengrimkan data audio berisi nama, dan akan diteruskan ketelinga melalu speeker yang menempel pada telinga. Apabila kita ingin mengetahui data lainnya, kita dapat melihatnya di layar dengan menekan tombol-tombol ang ada, tau bisa juga dengan hanya menggunakan perintah suara.
4. Dapat memmindai tulisan dan menerjemahkannya dalam berbagi bahasa, dengan cara terintegrasi dengan Google Translate. Tak hanya tulisan normal saja yang bisa di baca, namun dalam bentuk tulisan latin juga bisa. Setelah tulisan terbaca, server akan mengirimkan data audionya. Atau bisa juga menampilkannya pada layar kacamata atau di input ke suatu device. Kita juga dapat langsung tesk tersebut sebagai file berupa. Doc, xls, yang terintegrasi dengan google spreedsheet.
5. Dapat memindai nama tempat untuk kemudian di cari pada google map. Sehingga, apabila signal GPS sedang troubel, dapat mencari manual.
6. Dapat membedakan kecantikan dan kegantengan seseorang. Ini karena telah terprogram dan terisi data-data yang menunjukkan bentuk fisik seseorang. Alat ini dapat membedakan orang kurus maupun gemuk.
7. Dapat mengira-ira ketinggian suatu benda.
8. Dapat memutar kejadian 5 menit sebelumnya, atau lebih lama jika telah terhubung ke server.
9. Sensor pinjaman, manakala ada seseorang yang hendak meminjam sesuatu pada kita, akan secara otomatis memasukkanya ke daftar pinjaman. Sementara ini hanya berlaku apa bila sipeminjam mengatakan kata pinjam dan menyebut nama kita serta barang yang ingin dia pinjam.
10. Pendeteksi persahabatan. Alat ini akan segera memberikan informasi persahabatan apa bila melihat seseorang. Manakala ia termasuk sahabat, teman atau kekerabatan lainnya, akan muncul icon di pojok kanan kacamata. Bisa juga icon tersebut di ubah dalam bentuk audio.
11. Dapat membedakan jenis-jenis hewan dan tumbuhan. Kita dapat mengenal hewan-hewan yang belum pernah kita etahui. Kita dapat langsung mengetahui profil dari hewan dan tumbuhan, karena bisa langsung terhubung ke wikipedia taupun searching di google.
12. Mendeteksi kebohongan. Alat ini dapat mendeteksi kebohongan seseorang melalui mata dan gerak-gerik mencurigakan.
13. Dapat mengukur jarak benda, kedalaman, ataupun ketinggian suatu benda.  
14. Dapat melakukan pemindaian buku dengan sekali foto, kemudian mengubahnya dalam bentuk file doc, xls.
15. Melacak plat nomor kendaraan. Manakala kita menemui kejahatan, kita akan segera mendapatkan data-data si pemilik kendaraan, karena terhubung langsung ke server kepolisian. 
16. Dapat mendeteksi adanya benda tajam, sehingga kita dapat berhati-hati pada suatu hal.Dengan demikian, kita dapat meminimalisir kerugian yang ditimbulkan.
17. Dapat mendeteksi barang-barang terlarang, seperti narkotika dan kawan-kawan yang lain. Ini akan memudahkan kerja polisi, dantidak perlu meneliti dengan alat-alat yang besar dan berat serta susah di bawa.
18. Dapat mengetahui arah, karena di lengkapi dengan kompas digital. Kita tidak perlu takut kehilangan arah.
19. Mengetahui arah kiblat dengan akurat.
20. Mampu membedakan jenis kendaraan.
21. Mampu menunjukkan jalan tercepat, karena terintegrasi dengan google map.
22. Mampu melihat benda yang berjarak sangat jauh, layaknya teropong. Walapun kecil, namun alat ini didesign semaksimal mungkin, dengan lensa super canggih.
23. Mampu membedakan uang palsu. Kita tak perlu takut akan adanya peredaran uang palsu, cukup memandangnya saja, kita sudah tau keaslian uang tersebut. Kita tak perlu membawa alat konvensional yang lumayan repot di bawa.
24. Mampu menghitung kecepatan lari, tau kecepatan kendaraan.
25. Dapat memutar musik dan video kesukaan, terintegrai dengan youtube.
26. Dapat mengenali keaslian logam mulia.
27. Dilengakpi autofocus dan sensor cahaya, sehingga dapat melihat di keterangan mapunun di kegelapan.
28. Dilengkapi dengan lampu flash untuk menambah kecerahan penglihatan.
29. Terintegrasi dengan server. Server merupakan tempat penyimpanan data dan pengolahan data. Jadi, pengolahan data hampir sepenuhnya dilakukan pada server. Karena untuk memperkecil ukuran kacamata. Penghubung ke server menggunakan teknologi 4G LTE dengan GSM MicroSIM Card yang diletakkan pada dekat telinga kiri.
30. Menggunakan batrai energi matahari dengan batrai kering sebagai cadangan.
31. Tahan air, hinga kedalam 10 meter di bawah permukaan air.
32. Dapat terintegrasi dengan PC, SmartPhone, Tablet. Hal ini dimaksudkan agar data-data yang tertera pada sensor kacamata dapat segera diolah oleh penggunanya.
33. Dilengkapi MicroPhone dan Speeker. Kita dapat berkomunikasi dengan seseorang melalui perantara SmartPhone, PC, atau Tablet. Kita juga dapat merekam percakapan.
34. Kacamata ini tidak memiliki kaca transparan layaknya acamata pada umumnya, namun diganti dengan layar LED yang ramah mata, menggunakan teknologi SRLE. Layar ini dapat menampilkan pemandangan layaknya kacamata biasa, bahkan lebih jernih. Namun, karena ukuran yang samat kecil, maka tak banyak yang bisa ditampilkan.
35. Dapat diaktifkan dengan sensor suara yang terintegrasi dengan Google Voice. 
36. Dilengkapi sirine apa bila kacamata hilang.
37. Dapat melakukan pemindaian KTP sehingga dapat mengetahui profil si pemilik KTP.
d. Penutup
a. Kesmpulan
Dengan adanya alat ini, akan memudahkan kita untuk melakukan berbagai hal secara efektif. Kita tidak perlu membawa banyak alat yang besar-besar. Cukup pandang dan server akan memberikan hasil yang kita inginkan. Walapun terlihat sederhana, tapi ini sangat membantu orang-orang, terutama seperti saya.

Hal yang dapat dianggap menarik ialah kita bisa lebih bersosialisasi dengan rekan-rekan kita. Kita tak perlu takut di katakan kuper atau lupa sama teman sendiri.
b. Referensi
Karya tulis ini hanya menggunakan 2 referensi saja, selebihnya hasil pemikiran saya sendiri.

Referensi tersebut ialah:
http://www.penemu.co/2014/03/penemu-lensa-kacamata-benjamin-franklin.html 
dan
https://id.wikipedia.org/wiki/Charles_Babbage

0 komentar: