Terbaru

Mistik Kita hadir untuk Anda. Dengan harapan memberi keajaiban dan inspirasi dalam kehidupan Anda.

More

Saturday, September 5, 2015

Informatika Cermin Kemajuan Bangsa

Informatika merupakan keahlian yang lumayan menjanjikan. Terlebih lagi manakala kita benar-benar berkompeten pada bidang tersebut. Hal ini terbukti dengan banyaknya universitas yang berlomba-lomba membuat prodi teknik informatika.
Tujuan penulisan ini antara lain:

1.      Meyakinkan kita bahwa informatika memiliki sumbangsih besar pada kemajuan Indonesia.                                   
2.      Menyadarkan kita untuk hidup lebih kreatif dan tidak tergantung pada orang lain.
3.      Belajar mempercayai dan meyakini pada kemampuan sendiri.
Seperti yang kita ketahui, kita masih banyak menggunakan produk-produk teknologi negera luar. Alasannya lebih murah dan berkualitas. Namun, sadar atau tidak, kita sebenernya telah menghilangkan kepercayaan pada karya lokal untuk berkembang. Walapun terlihat masih kalah, namun pada dasarnya kita siap bersaing dengan negara lain, hanya saja belum diberi kesempatan dan penghargaan. Misalnya saja, juara teknologi dari suatu instansi, karyanya tidak langsung dipatenkan dan diproduksi secara masal. Hanya sebagai pajangan dan kenangan saja bahwa pernah mendapatkan kejuaraan tingkat internasional. Manakala kita sudah diberi kesempatan, maka secara otomatis harga akan menjadi turun, mengingat banyaknya investor yang percaya pada kita.
Dalam bidang Informatika, informatika merupakan bidang yang penting bagi kemajuan bangsa. Ini terbukti dengan adanya kasus penyadapan oleh negara lain. Manakala kita tidak bisa menjaga kerahasiaan data yang kita miliki. Maka data-data tersebut akan mudah diambil dan mereka manfaatkan untuk berbuat jahat pada kita. Sepertinya, hak sadap menyadap adalah hak semua orang yang sudah memiliki kemampuan untuk itu. Asalkan tidak melanggar aturan perundang-undangan yang ada, kita bebas menyadap apapun yang kita inginkan. Termasuk kita juga bisa menyadap negara lain, asalkan masih menjunjung adab, moral dan perundang-undangan negara kita dan negara lain. Walapun kita di larang menyadap suatu negara, namun kebutuhan ini di rasa cukup penting mengingat kita juga harus mengamati perkembangan negara lain, apa yang mereka rencanakan, sehingga kita dapat bersiap-siap. Alasan-alasan itulah yang membuat aksi penyadapan dirasa wajar.
Sudah selayaknya kita memiliki tim ahli yang berasal dari informatika. Sehingga kerahasiaan dan keamanan data menjadi lebih baik. Manakala kita menyerahkan tugas ini kepada orang dari negara luar, akan mudah bocor dan membahayakan negara kita. Sudah selayaknya pula, kita memiliki satelit sendiri, itu akan lebih mengamankan data-data penting yang kita miliki.
Di sisi lain, informatika juga dapat berperan sebagai penyemangat kemajuan. Manakala kita bisa menciptakan lapangan kerja dan menghasilkan produk yang baik. Kita akan diakui dunia sertai dipercayai mereka sebagai salah satu saingan atau rekan kerja mereka. Kita akan mencoba selalu berjuang lebih giat lagi serta menciptakan penemuan-penemuan baru.
Secara sederhana, Informatika dapat memberikan sumbangsih dalam rangka merubah Indonesia menjadi negara maju. Langkah kecil tersebut ialah meyakinkan dan mengenalkan hal yang menarik dalam dunia IT pada anak-anak kecil. Buatlah mereka tertarik pada IT. Anak kecil merupakan aset berharga pada suatu bangsa, mereka adalah cerminan masa depan bangsa. Manakala anak kecil sudah dapat berprestasi, maka kelak negara tersebut akan maju.

Sudah selayaknya kita meyakini bahwa bangsa kita mampu bersaing dengan bangsa lain. Untuk itu, perlu adanya kepercayaan, kerja keras dan dukungan para pemuda kreatif. Kita akan menjadi negara yang maju manakala semua dapat bersatu. Kususnya pada bidang Informatika. Kita dapat menyumbangkan karya terbaik kita dalam bentuk coding atau produk-produk IT lain yang bermanfaat. Misalnya saja, kita dapat membuat OS yang benar-benar kompeten, sehingga tidak perlu membeli pada negara lain. Ini sudah merupakan nilai plus yang tak ternilai. Dengan ini, semangat bangsa untuk menjadi lebih baik akan terus tumbuh seiring bertambahnya waktu dan target masa depan.

0 komentar: