Terbaru

Mistik Kita hadir untuk Anda. Dengan harapan memberi keajaiban dan inspirasi dalam kehidupan Anda.

More

Saturday, September 5, 2015

Pembuatan Program Sederhana - Hello World

Hello sahabat Kita. Lama nih ya  kita berpisah. Hemmmm. Ya gitu deh. Sok sibuk aja, jadi gak sempet posting deh. Hehehehehe.

Di Blog yang kaya kuburan ini. Mistik Kita mau share beberapa ilmu yang terlihat sederhana namun lumayan penting bagi pemula.

Sebelum kalian bergerak dalam bidang programing. Ada baiknya Anda mempelajari beberapa hal sederhana, seperti Cara Pembuatan program Hello World. Program ini masih sangat amat banget sederhana, mengingat sedikitnya baris program yang harus kita tuliskan.

Terdapat banyak bahasa pemrograman yang memiliki karakternya sendiri-sendiri. Setiap bahasa pemrograman memiliki caranya sendiri dalam mendeskripsikan suatu program sehingga dapat mengeksekusinya.

Mari kita pelajari bagian awal dari langkah menuju pemrograman ini dengan penuh suka cita. Anda tak perlu kawatir akan kesulitan mengikutinya, karena sangatlah mudah.

Kita tidak ingin mengajarkan Anda hanya copy paste. Jadi, silakan tulis manual kode-kode yang akan saya berikan nanti. Ini agar Anda lebih memahami kode-kode tersebut.

1. Bahasa Pascal
    Software yang digunakan adalah Turbo Pascal 7, yang bisa digunakan pada Windows XP,Vista,7,8,81, dan 10, baik 32 bit maupun 64 bit. Jika belum memiliki, silakan download di sini.
Setelah selesai menulisnya, silakan tekan tombol CTRL+F9 untuk Run program tersebut, sehingga hasilnya akan seperti terlihat di bawah ini.
2. Bahasa Java
    Untuk penulisan program ini, aku pakai NetBeans yang bisa didownload di sini.
Seperti pada program lain, kita juga harus Run program tersebut, maka hasilnya ada pada bagian bawah aplikasi.
3. Bahasa C
    Sebenarnya kita bisa menulis program ini dengan program bawaan Windows, ya itu Notepad. Namun kita juga bisa menggunakan program lain, semisal Dev C++, Anda bisa mendownloadnya di sini.
Apa bila menggunakan Dev C ++, setelah di Run akan menghasilkan seperti ini.
4. Bahasa C++
     Pada dasarnya, bahasa ini sama dengan bahasa c, namun lebih kompleks.

Pada penulisan program ini, saya menggunakan Notepad dan Code:Blocks. Fungsinya sama saja, ini hanya sebagai pengetahuan saja. Jika di Run dengan Code Blocks hasilnya akan terlihat pada gambar di bawah ini..


5. Bahasa HTML
    Sebenarnya, bahasa yang satu ini bukanlah bahasa yang sesungguhnya, karena bahasa ini hanya menerjemahkan sesuatu yang sudah ada, bukan membuat suatu program yang belum ada. Namun, sebagai pengetahuan saja. Kali ini kita menggunakan notepad untuk menulis Hello World.

Dan jika di Run akan menghasilkan gambar di bawah ini.

Mohon maaf, artikel ini belum dilengkapi dengan langkah spesifik pada penggunaan tiap software tersebut. Sehingga memang sulit di pahami. Suatu saat akan saya lengkapi. Mohon bersabar. Mengingat tugas saya yang masih banyak.

Demikianlah artikel MK pada kesempatan ini. Mungkin Anda bertanya-tanya, mengapa Screen Shotnya berbeda-beda. SS ini diambil pada waktu dan Windows yang berbeda, sehingga menghasilkan penampilan yang berbeda pula. Namun, ini tak menjadi masalah yang besar untuk belajar kok.
Semoga bermanfaat bagi Anda dan orang-orang disekitar Anda.

0 komentar: